Visi Misi Tujuan

 

VISI PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA


Menjadi Program Studi yang Unggul dalam Bidang Organisasi dan Manajemen Pelayanan Publik di Tingkat Nasional Menuju Persaingan Global Tahun 2030

 

MISI PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA

1.      Mengembangkan kurikulum program studi dengan menitikberatkan keunggulan dalam bidang organisasi dan manajemen pelayanan public, dengan rencana operasional sebagai berikut :

a.      Melakukan studi banding ke perguruan tinggi lain.

b.      Melaksanakan kunjungan ke lembaga/ dinas/ instansi di lingkungan pemerintahan, BUMN/ BUMD dan lembaga swasta.

c.       Melaksanakan seminar dan lokakarya mengenai peninjauan atau perubahan kurikulum.

d.      Mengevaluasi dan memperbaiki kurikulum dengan meminta masukan melalui survey atau observasi kepada stakeholders.

2.      Mewujudkan kualitas proses pembelajaran, dengan rencana operasional sebagai berikut :

a.      Melakukan pembinaan kepada dosen pengampu mata kuliah.

b.      Melakukan monitoring terhadap jalannya proses belajar-mengajar.

c.       Menandatangkan dosen tamu baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

d.      Melakukan praktikum mata kuliah sekurang-kurangnya satu kali dalam satu tahun akademik.

3.      Menciptakan suasana akademik yang kondusif, dengan rencana operasional :

a.      Menjalin hubungan yang harmonis di antara civitas akademika dan alumni.

b.      Melakukan kegiatan yang dapat mempererat hubungan silaturahmi antara dosen dan karyawan melalui kegiatan rekreasi bersama.

c.       Menanggapi setiap keluhan, masukan dan saran yang disampaikan oleh mahasiswa, alumni, stakeholders  untuk perbaikan proses pembelajaran dan pelayanan akademik.

4.      Mewujudkan kualitas mahasiswa agar dapat berfikir kritis, kreatif, mandiri, dan bertanggungjawab serta mengembangkan potensi mahasiswa supaya mampu berdaya saing tinggi, dengan rencana operasional sebagai berikut :

a.      Mendidik mahasiswa agar mampu beradaptasi dengan lingkungan dalam mengatasi masalah- masalah atau isu-isu yang berkembang di bidang organisasi dan manajemen pelayanan publik.

b.      Mendidik mahasiswa agar bertanggung jawab, mempunyai etika dan memiliki integritas yang tingi.

c.       Melibatkan mahasiswa dalam diskusi-diskusi ilmiah atau pengkajian maslah administrasi, social dan politik yang berkembang di masyarakat.

d.      Melibatkan mahasiswa dalam praktek mata kuliah di lapangan.

e.      Mendorong mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan minat melalui keikutsertaan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan.

f.        Membekali mahasiswa dengan pendidikan karakter.

5.      Mewujudkan kegiatan penelitan dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan unggul, dengan cara operasional sebagai berikut :

a.      Mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan pengabidan kepada masyarakat.

b.      Melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian msyarakat yang dilakukan bersama-sama antara dosen dengan mahasiswa.

c.       Melakukan kerjasama dengan instansi/ Dinas/ Lembaga pemerintah, swasta, BUMN, BUMD maupun perguruan tinggi lain dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

6.      Mewujudkan system pengelolaan program studi yang profesinal dengan suasana akademik yang kondusif, dengan rencana operasionalnya sebagai berikut :

a.      Penataan administrasi program studi dalam rangka menciptakan tertib administrasi.

b.      Memberikan pelayanan yang baik bagi civitas akademika.

c.       Memelihara budaya kerja yang tertib, nyaman dan disiplin.

7.      Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) /profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan, dengan rencana operasionalnya sebagai berikut :

a.      Memberikan dorongan kepada dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

b.      Mengikutsertakan dosen dalam berbagai kegiatan seperti : penelitian, seminar, lokakarya, pelatihan-pelatihan yang dapat menunjang terhadap keunggulan kompetitif.

c.       Mengikutsertakan tenaga kependidikan dalam berbagai kegiatan workshop dan pelatihan-pelatihan yang dapat menunjang kinerja dalam rangka memberikan pelayanan.

8.      Meningkatkan sarana dan prasarana untuk mendukung proses belajar mengajar, dengan rencana operasional sebagai berikut :

a.      Menambah luas ruang perkuliahan.

b.      Menambah dan melengkapi fasilitas pembelajaran, berupa proyektor dan atau alat peraga.

c.       Memperbanyak jumlah buku literatur perpustakaan.

d.      Menambah jumlah unit komputer untuk melaksanakan praktikum mata kuliah.

e.      Melengkapi peralatan dan perlengkapan laboratorium.

f.        Memperbesar bandwidth / kapasitas jaringan internet.

9.      Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan perguruan tinggi lain, lembaga pemerintah dan swasta serta pihak-pihak terkait, dengan rencana operasional sebagai berikut :

a.      Menetapkan Memorandum of Understanding  (MoU) dengan perguruan tinggi lain lembaga pemerintah dan swasta serta pihak-pihak terkait.

b.      Mengadakan penelitian dan pengabdian bersama dengan perguruan tinggi lian.

c.       Mengadakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui kemitraan dengan lembaga pemerintah dan swasta serta pihak-pihak terkait.

10.  Mengadakan evaluasi bekala terhadap pelaksanaan kegiatan akademik, dengan rencana operasional sebagai berikut :

a.      Melakukan evaluasi terhadap kegiatan  proses belajar-mengajar setiap akhir semester.

b.      Melakukan evaluasi terhadap kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa pada akhir tahun akademik.

 

TUJUAN  PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA

1.    Menghasilkan  kurikulum yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan stakeholder dan user.

2.    Menghasilkan lulusan yang memilik keahlian yang unggul dalam bidan organisasi dan manajemen pelayanan public dan memilik daya saing yang unggul serta memiliki kemampuan akademik sehingga mampu menerapkan dan mengembangkan keahlian secar professional.

3.    Terwujudnya suasana kerja yang nyaman dan kondusif dalam pelaksanaan pembelajaran yang didukung oleh pelayanan administrasi akademik yang baik.

4.    Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan kajian untuk memecahkan berbagai permasalahan di masyarakat khususnya dalam bidang organisasi dan manajemen pelayanan publik.

5.    Menghasilkan karya ilmiah yang memberikan kontribusi baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun bagi penyelenggara Pemerintah Daerah.

6.    Tercitanya budaya akademik yang baik dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja.

7.    Menghasilkan tenaga dosen dan tenaga kependidikan yang professional dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

8.    Terpenuhinya sarana pembelajaran dan sarana pendukung lainnya yang memadai dalam rangka memberikan pelayanan kepada civitas akademika.

9.    Terjalinnya kerjasama dan kemitraan dengan lembaga/ institusi Pemerintah, swasta, BUMN, BUMD maupun perguruan tinggi lain dalam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

10. Terwujudnya tatanan system program studi yang kredibel, akuntabel, transparan dan bertanggung jawab.